November 1, 2012

8 Tips Liburan Anti Stres




Saat pekerjaan menumpuk, berkonflik dengan atasan, ada masalah dengan keluarga, Anda butuh tetirah untuk menenangkan diri. Liburan dengan cara yang tepat, bisa menjadi obat untuk menghilangkan stres.

Liburan bisa disiasati menjadi sebuah kesempatan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Mengurai benang kusut di kepala Anda dan memberikan semangat baru untuk menghadapi semua tantangan dalam hidup. Untuk itu, detikTravel, Kamis (1/11/2012) menyusun 8 kiat liburan yang tepat untuk melawan stres:

1. Tinggalkan laptop di rumah

Jangan bawa laptop yang berisi pekerjaan Anda. Apalagi kalau pekerjaan itu yang menjadi pemicu stres Anda. Tinggalkan saja di rumah, kerena itu akan membuat kepala selalu terngiang-ngiang dengan aneka beban kerja.

Ingat, Anda butuh waktu untuk menghilangkan stres. Lebih baik, bawa saja buku bacaan favorit Anda atau MP3 player dengan lagu-lagu yang asyik. Otak Anda butuh istirahat.

2. Jauh-jauh dari ponsel

Liburan tetap perlu membawa ponsel untuk berkomunikasi. Tapi, hal itu bukan untuk membuat Anda kembali terjebak dengan carut marut pekerjaan, atau telepon sana-sini untuk membereskan masalah.

Rileks! Cukup sesekali saja mengecek SMS, Blackberry Messenger, YM atau apa pun pesan yang masuk, terutama urusan pekerjaan. Balaslah ketika Anda rasa itu benar-benar penting. Selebihnya, nikmatilah liburan Anda.

3. Sabar, sabar, dan sabar

Jangan biarkan hal-hal remeh merusak liburan Anda. Sikapi dengan santai jalan yang macet menuju pantai favorit Anda. Jangan senewen kalau pesawat yang akan membawa Anda terbang ke Bali tertunda selama beberapa puluh menit.

Sabar saja dan santai. Masalah memang selalu ada setiap saat, bukan? Yang penting, bagaimana kita selalu melihat sisi terang dari semua kejadian yang berarti.

4. Lakukan hal yang kita mau

Cara yang asyik untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan apapun yang paling Anda suka dan paling ingin Anda lakukan. Seringkali Anda mengidamkan untuk melakukan suatu hal, namun kerap tertunda karena rutinitas kerja yang membebani.

Keinginan yang terus terpendam itu, bisa menjadi obat stres jika tiba-tiba bisa Anda lakukan. Ada euforia yang membuncah di dalam hati.

Yang ingin belanja ke night market di Hong Kong, silakan terbang ke sana. Yang ingin memacu adrenalin di Sukabumi, silakan berarung jeram di Citarik. Atau yang ingin menikmati kecantikan bawah laut Bunaken, silakan diving dan menikmati birunya laut.

5. Nikmati ruang terbuka

Saatnya bangkit dari meja kerja yang mengungkung Anda, ada dunia luas di luar sana. Nikmatilah! Biarkan matahari pagi membelai lembut wajah Anda di puncak Gunung Bromo. Rasakan segarnya hawa perkebunan teh di Gunung Mas, mengisi penuh paru-paru Anda.

Jalan-jalanlah menikmati suasana ramai di Malioboro, Yogyakarta. Menunggu surya tenggelam di Pantai Kuta pun akan sangat mengasyikan. Ruang terbuka akan membuat Anda bergerak, merasa lepas dan perlahan-lahan merontokan semua beban di tubuh Anda.

6. Saatnya memanjakan diri

Setiap hari bekerja dari pagi sampai malam, akan membuat tubuh dan jiwa Anda lelah. Padahal, tubuh Anda bukanlah mesin. Ini saatnya Anda memulihkan diri.

Manjakanlah tubuh Anda. Banyak destinasi liburan asyik yang punya tempat-tempat spa, mampirlah di sana. Beberapa tempat juga tersohor dengan pemandian air panasnya. Nikmati asyiknya berendam dan rasa penat itu akan hilang perlahan-lahan.

7. Cari kegiatan sehat dan seru

Aktivitas yang tepat saat liburan, bisa menjadi obat stres untuk Anda. Dari sekian banyak pilihan kegiatan, carilah yang bisa membuat tubuh Anda sehat, sekaligus seru dan menggembirakan.

Bersepeda menyusuri pedesaan di Bogor atau Bandung, kenapa tidak? Badan sehat dan perjalanan menggowes sepeda pasti bisa Anda nikmati. Menonton ketoprak, wayang orang atau ludruk di beberapa kota di Jawa juga mengasyikan, biarkan para aktor mengocok perut Anda sampai terpingkal-pingkal.

8. Luangkan waktu untuk sendiri

Setelah puas melakukan beraneka hal untuk liburan anti stres, kini saatnya mencari waktu untuk diri Anda sendiri. Sudah cukup dengan spa, sudah puas wisata kuliner, sudah kenyang memacu adrenalin dengan bungee jumping.

Carilah waktu yang tenang entah menunggu matahari terbit atau terbenam, di puncak gunung, di tepi pantai, di pinggir danau, kapan pun dan dimana pun yang Anda anggap terbaik. Ini saatnya mencari ketenangan suasana batin dan pikiran. Nikmati suasana itu sendirian, hiburlah batin dan otak Anda.

Pejamkan mata, tidak usah berpikir macam-macam. Atur nafas Anda dengan perlahan. Saatnya Anda memotivasi diri, betapa Anda diberkahi dengan semua kesempatan istimewa berupa liburan yang luar biasa. Pastikan bahwa setiap detik yang Anda lewatkan dalam liburan ini begitu berarti untuk Anda. Jadikanlah itu sebuah energi dan semangat baru.

Semoga dengan 7 kiat ini, Anda bisa memiliki liburan yang menjadi pemulih stres. Usai liburan, Anda merasa menjadi manusia baru yang penuh dengan semangat, penuh dengan ide. Stres pun Anda buang jauh-jauh dari pikiran.


sumber

0 comments:

Post a Comment