September 11, 2012

7 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki



Tak hanya menyehatkan pikiran, jiwa dan tubuh Anda, tapi juga mampu meningkatkan kepekaan dan konsentrasi.

Banyak orang tidak menyadari bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Terlebih bila Anda melakukannya di alam terbuka.

Apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Konsentrasi
Saat berjalan tanpa alas kaki, tingkat kesadaran Anda spontan akan meningkat. Setidaknya untuk daerah sekitar telapak kaki. Jika ada duri, kerikil tajam, atau benda lain yang dapat melukai kaki Anda. Tanpa disadari akan membuat pikiran menjadi lebih terang dan merangsang pikiran Anda untuk lebih fokus.
 
2. Menjaga Postur dan Keseimbangan Tubuh
Berjalan tanpa alas kaki akan meregangkan otot sekaligus memperkuat tendon, ligamen, pergelangan kaki dan betis. Ini membantu mencegah cedera lutut dan masalah punggung.

Tak hanya itu, berjalan tanpa alas kaki juga akan memungkinkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan tubuh. Berbeda halnya bila menggunakan sepatu, otot justru menjadi tidak aktif.
 
3. Pijat Refleksi
Telapak kaki memiliki sejumlah titik refleks yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Benjolan kecil, batu, atau permukaan kasar akan merangsang titik refleks pada kaki. Meskipun pada awalnya mungkin terluka, tetapi memiliki efek positif bagi tubuh untuk meredakan atau mengurangi berbagai gejala penyakit.

4. Mengurangi Stres 
Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin yang memberi efek bahagia pada manusia.

5. Tidur Malam Jadi Lebih Berkualitas 
Ada beberapa orang yang percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput adalah obat terbaik untuk mengatasi insomnia.
 
6. Detoksifikasi 
Bumi atau tanah memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, hormonan siklus sinkronisasi dan irama fisiologis, juga memberikan efek menenangkan. Karena itu, jangan ragu untuk tidak mengenakan alas kaki saat bermain di alam terbuka seperti kebun dan pantai.
 
7. Menyehatkan Pikiran, Tubuh dan Jiwa
Saat Anda berjalan tanpa alas kaki, tubuh Anda menyatu dengan alam sepenuhnya. Anda akan merasakan hangat atau dinginnya tanah atau rumput yang dipijak, merasakan kehangatan matahari, atau gemerisik angin di pepohonan. Kondisi ini membuat pikiran, tubuh dan jiwa menjadi lebih sehat dan bugar.

0 comments:

Post a Comment